SITUGUNUNG, Sukabumi – Pesona kecantikan berselimut kabut

“Starting the Day” by Ardi ” Endemania” Eliaputra

link : http://1x.com/#!/photo/32172/portfolio/42176

Foto hasil jepretan senior saya di atas, rasanya sudah cukup jelas untuk menceritakan judul dari tulisan saya ini. Foto seorang yang sedang berperahu ditengah danau, dengan background pepohonan hijau yang masih berselimutkan kabut tipis ini menggambarkan dengan jelas pesona kecantikan dari danau situgunung di pagi hari. Dengan melihat foto tersebut, saya pribadi  merasakan nuansa dingin, sejuk, segar, dan relax terasa bercampur dengan semangat berkarya di pagi hari. Tidak mengherankan juga kalau foto di atas lolos kurasi dan bisa tampil di 1x.com, salah satu situs fotografi online ternama, karena selain suasananya terekam dengan baik, usaha untuk mengambilnya juga patut diacungi jempol. Bang Ende, sapaan akrabnya, datang dari Jakarta dengan teman-temannya, dan sampai di Situgunung jam 4 pagi. Mereka dengan sabarnya menunggu untuk mendapatkan moment sesuai dengan yang diinginkan.

Saya pribadi saat berada di Sukabumi, selalu suka malas untuk pagi-pagi datang ke Situgunung, tahu kan alasannya?hehehe…. brrrr dingin. Padahal seringkali saya sudah berketetapan, pokoknya kalau malam hujan dan paginya cuaca cerah, saya berniat pagi-pagi sekali bakal berangkat ke Situgunung karena saya yakin pasti akan ada kabut dengan background langit cerah berwarna biru bersih. Tapi prakteknya, saya ke Situgunung selalu lebih dari jam 8 pagi, kabutnya juga sudah bye-bye.

Situgunung terletak di kaki gunung Pangrango, di kecamatan Kadudampit dan berada di ketinggain 850 m dpl. Jika  dari arah Bogor menuju Sukabumi, patokan kita adalah saat sampai di pertigaan Polsek Cisaat kita harus belok kekiri, sebelum melewati alun-alun Cisaat. Area wisata Situgunung ini kira-kira bisa dicapai kira-kira setengah jam dari pertigaan polsek cisaat tersebut. Di area Situgunung ini banyak terdapat pilihan alternatif wisata untuk dinikmati, antara lain bumi perkemahan, camping bintang lima di rakata tanakita, wahana tubing yaitu single arung jeram dengan menggunakan ban dalam, wisata air terjun di curug sawer, dan tentunya wisata di danau Situgunung. Kali ini saya akan sedikit share mengenai danau Situgunung ini (Situ adalah bahasa sunda dari danau, jadi kalau kita sebut danau Situgunung, artinya Danau Danau Gunung…hehe gakpapa lah ya).

Di area danau Situgunung ini, terdapat jejeran pepohonan pinus yang tingi-tinggi yang terlihat tersusun rapi dan indah mengelilingi danau. Di area pepohonan ini juga terdapat area bermain flying fox. Beberapa aktivitas yang sering dilakukan di area danau ini antara lain memancing, berkemah, outbound, dan juga fotografi.

 

Nuansa keindahan alam di danau Situgunung ini tentunya menjadi suatu magnet bagi para penggemar fotografi, terutama penggemar Landscape Photography. Selain bagi penggemar landscape, lokasi ini juga menjadi idola untuk foto model dan pre-wedding.

Properti foto yang biasa dipakai disini adalah rakit atau perahu yang memang ada  di area danau ini. Perahu atau rakit ini awalnya menyediakan jasa wisata keliling danau, tetapi para fotografer sering meminta jasa tukang rakit/perahu ini untuk menjadi “model” foto mereka. Tarifnya? Hehehe…. maaf saya tidak tahu. Soalnya sekali-kalinya saya moto tukang rakit ini, ya saat ada rombongan fotografer yang menyewanya, saya “mencuri view” untuk foto dari spot yang lain, sedikit ngumpet di balik semak-semak,hihihi….

Perahu yang digunakan berupa sampan kecil dan juga rakit. Saat ini sudah ada jenis perahu kayu yang lebih baru, yang ber-cat dan sedikit lebih besar ukurannya.

 

 

 

 

 

Andai saja fasilias jalan yang ada lebih diperhatikan, di aspal yang halus sampai ke danau ini, pasti akan lebih enak dan nyaman, dan akan menarik lebih banyak lagi wisatawan untuk datang. Saat ini pun, walau jalanan menuju ke danau ini kurang bagus, semuanya akan terbayar saat kita sudah menikmati keindahannya.

 

Ayo, luangkan waktu sejenak untuk mampir ke danau Situgunung ini, dan temukan pesona kecantikannya saat berselimut kabut.

 

 

 

 

 

One thought on “SITUGUNUNG, Sukabumi – Pesona kecantikan berselimut kabut

  1. Pingback: SITUGUNUNG – Sekarang saatnya mencari kabut, kesegaran, dan kehangatan! « jelajahsukabumi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s